Perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit

Perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit

Ada banyak orang yang sering kali merasa bingung saat mendengar OS Windows 32 bit dan 64 bit. Sebagian dari mereka bahkan tak begitu peduli dengan mana OS Windows yang dirasa paling bagus dan sesuai untuk memenuhi kebutuhan. Padahal, hal seperti ini menjadi sesuatu yang penting, terlebih untuk beberapa hal terkait performa laptop atau komputer.

Mengapa penting mengetahui perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit?

Seperti yang kita tahu, Windows menjadi sistem operasi yang paling populer di negara ini. Penggunaan Windows ini sendiri sudah tak terhitung lagi, sebab ada banyak sekali laptop dan komputer yang memakai sistem operasi ini. Bahkan, tipe dan jenis Windows yang digunakan sangat beragam, termasuk OS Windows 32 bit dan 64 bit yang dijadikan pilihan.

Sejauh ini, memang basis OS Windows baik itu 32 bit atau 64 bit menjadi sesuatu yang sering kali ditawarkan oleh pihak produsen. Akan tetapi, tak banyak orang yang memerhatikan basis dari OS Windows ini. Padahal, ada perbedaan, kekurangan, dan kelebihan di antara keduanya. Hal ini bisa menjadi sesuatu yang penting sebenarnya jika kita perhatikan dengan baik dan jeli.

Apa perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit?

Jika Anda masih belum mengetahui apa yang menjadi perbedaan antara OS Windows 32 bit dan 64 bit, maka tak ada salahnya untuk mengetahui hal ini. Dengan begitu, Anda pun bisa mengerti dan memilih dengan tepat mana di antara Windows 32 bit atau 64 bit yang akan dipilih untuk memenuhi kebutuhan, seperti di bawah ini.

  1. Jumlah RAM

Windows yang 32 bit memiliki batasan RAM yang lebih kecil daripada 64 bit, yaitu kurang dari 4 GB. Pada umumnya, Windows yang berbasis 32 bit ini memiliki batas maksimal pemakaian RAM sekitar 3,2 GB dan bekerja lebih maksimal jika memakai RAM 1 atau 2 GB. Windows berbasis 64 bit bisa membaca RAM lebih dari 4 GB.

  1. Kompatibilitas software

Windows berbasis 32 bit tidak bisa menjalankan software untuk 64 bit, sementara yang 64 bit bisa lebih leluasa menjalankan software 32 dan 64 bit.

  1. Performa

Performa Windows berbasis 32 bit lebih rendah dibandingkan dengan 64 bit. Windows dan processor-nya hanya cocok untuk membuka aplikasi yang tidak terlalu berat dan mengerjakan pekerjaan ringan. Sementara itu, Windows berbasis 64 bit lebih cocok mengerjakan pekerjaan berat seperti video, editing, desain, dll.

  1. Kemampuan memproses data

Dalam Windows berbasis 32 bit, saat melakukan sekali proses, maka data yang dimuat adalah 32 bit. Sementara itu, Windows dengan basis 64 bit bisa lebih cepat dan maksimal.

Beberapa perbedaan OS Windows 32 bit dan 64 bit seperti di atas bisa Anda pertimbangkan terlebih dulu sebelum memilih. Semoga membantu.

Please follow and like us:

Leave a Reply

%d bloggers like this: